Translate

News Update :
Home » , , » Ciri air yang layak minum

Ciri air yang layak minum

Air memang sangat penting bagi kehidupan, tidak ada manusia yang mampu hidup tanpa air. Setiap harinya, tubuh manusia itu membutuhkan 5-8 gelas air. Dan tentu saja air yang dibutuhkan manusia itu adalah air bersih, air yang sehat atau air yang layak minum.

Kondisi lingkungan saat ini memang telah membuat sumber air bersih terutama air yang layak minum semakin hari semakin berkurang, tidak semua orang di dunia ini yang mudah mendapatkan air bersih. Pencemaran lingkungan, termasuk pencemaran air terjadi dimana-mana. Dengan adanya pencemaran air ini, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri air yang layak minum, bukan sekedar bersih tapi juga baik untuk kesehatan ketika diminum. Karena bisa saja air yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari.



Kali ini blog pengolahan air bersih akan berbagi tentang standar air bersih yang sehat dan layak minum (dikonsumsi).  Ciri-ciri air yang layak minum, yaitu apabila telah sesuai dengan standar air bersih, yaitu sesuai dengan syarat sebagai berikut:

Syarat Fisik:




  • Warna: air layak minum itu bening tidak keruh atau tidak berwarna apapun.




  • Bau: air layak minum seharusnya tidak berbau, karena bau bisa ditimbulkan oleh adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan kemungkinan merupakan akibat tak langsung dari pencemaran lingkungan.




  • Rasa: rasa dari air layak minum itu tidak aneh diluar dari rasa tawar khas air, atau tidak berasa. Adanya rasa lain pada air, menandakan adanya kandungan lain dalam air, jika getir di lidah kemungkinan mengandung zat yang tidak baik bagi kesehatan.




  • Partikel Fisik: air layak minum tidak mengandung partikel fisik, baik itu melayang maupun mengendap




  • Suhu: suhu air yang layak minum adalah 10-25


  • Syarat Kimia:




  • Ciri air yang layak minum adalah tidak mengandung bahan kimia yang mengandung racun, misalnya tidak mengandung Pb (timah), oleh karena itu tidak dianjurkan menggunakan pipa berbahan timah, air layak minum juga memiliki Ph 6,5-9,2, serta cukup yodium


  • Syarat Bakteriologis:
    Syarat ini berhubungan dengan kandungan mikroorganisme atau jasa renik di dalam air minum


  • Dalam 1cc air minum jumlah kuman harus kurang dari 100 kuman.



  • Tidak boleh mengandung bakteri E.Coli, bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan juga bakteri pathogen.


  • Setelah memperhatikan syarat air bersih (ciri air yang layak minum) ini, kita bisa dengan mudah mengenali apakah air yang akan masuk ke dalam tubuh kita aman bagi kesehatan kita atau tidak.

    Berbicara tentang ciri air yang layak minum, beragam teknologi pengolahan air juga tentu telah mampu menghasilkan air bersih yang layak untuk minum. Teknologi pengolahan air bersih ini sangat diperlukan, mengingat masalah air bersih yang telah menjadi masalah di seluruh dunia, baik itu adanya pencemaran yang membuat air bersih menjadi berkurang, atau lebih sedikitnya air tawar yang ada di permukaan bumi ini. Salah satu teknologi pengolahan air bersih yang dapat menghasilkan air layak minum adalah Teknologi Membran Reverse Osmosis (Osmosis Terbalik), baik itu desalinasi (pengolahan air asin dan air payau menjadi air tawar), maupun untuk mengolah air tanah menjadi air layak minum yang bebas bakteri dan kuman. Semua ciri air layak minum dan syarat air bersih tentu bisa didapat dengan pengolahan air menggunakan Teknologi Membran Reverse Osmosis ini, karena hasil akhir Teknologi Membran Reverse Osmosis juga adalah air layak minum.

    Silahkan anda baca artikel di blog ini untuk mengetahui tentang Teknologi Membran Reverse Osmosis (Osmosis Terbalik), atau kunjungi web "Enerba Teknologi". Atau anda juga bisa langsung mengikuti "Konferensi dan Workshop Teknologi Membran untuk Desalinasi Air Bersih" yang akan diadakan akhir bulan Oktober di Jakarta.

    Sumber:
    kamus ilmiah
    - properti kompas
    - bolehjuga
    Share this article :

    Posting Komentar

    Terimakasih telah berkunjung ke blog pengolahan air bersih, semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat.. Silahkan berkomentar dengan bijak..

     
    Design Template by panjz-online | Modified by EN-ilmair for enerba teknologi | Support by creating website | Powered by Blogger