Translate

News Update :

Pengolahan Air Bersih

Pengolahan air bersih - Air bersih merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan adanya air yang bersih, kualitas hidup masyarakat sehat bisa diwujudkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan sistem pengolahan air bersih maupun air limbah domestik, baik untuk hunian, maupun untuk perusahaan dan industri.

 Air bersih adalah air yang biasa dipergunakan untuk keperluan rumah tangga yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan apabila diminum harus dimasak terlebih dahulu. Air yang diolah untuk menjadi air bersih berasal dari air permukaan, mata air, dan air tanah.  Kenyataan yang ada memang  menunjukkan bahwa tidak semua daerah mempunyai sumber daya air yang baik (air bersih).


Masalah air bersih di Indonesia - Cadangan air Indonesia mencapai 2.530 km3 /tahun yang termasuk dalam salah satu negara yang memiliki cadangan air terkaya di dunia. Dalam data lain menunjukkan, ketersediaan air di Indonesia mencapai 15.500 m3 per kapita per tahun. Angka ini masih jauh di atas ketersediaan air rata-rata di dunia yang hanya 8.000 m3 per tahun. Namun jika ditinjau ketersediaannya perpulau akan sangat lain dan bervariasi.

Pulau Jawa yang luasnya mencapai tujuh persen dari total daratan wilayah Indonesia hanya mempunyai empat setengah persen dari total potensi air tawar nasional, namun pulau ini dihuni oleh sekitar 65 persen total penduduk Indonesia. Kondisi ini menggambarkan potensi kelangkaan air di Pulau Jawa sangat besar. Jika dilihat ketersediaan air per kapita per tahun, di Pulau Jawa hanya tersedia 1.750 meter kubik per kapita per tahun, masih di bawah standar kecukupan yaitu 2000 meter kubik per kapita per tahun.  Jumlah ini akan terus menurun sehingga pada tahun 2020 diperkirakan hanya akan tersedia sebesar 1.200 meter kubik per kapita per tahun. Padahal standar kecukupan minimal adalah 2.000 m 3 per kapita per tahun . Apabila fenomena ini terus berlanjut maka akan terjadi keterbatasan pengembangan dan pelaksanaan pembangunan di daerah-daerah tersebut karena daya dukung sumber daya air yang telah terlampaui.

Wilayah pesisir pantai dan pulau-pulau kecil di tengah lautan lepas juga merupakan daerah-daerah yang sangat miskin akan sumber air bersih. Sumber daya air yang terdapat di daerah tersebut umumnya berkualitas buruk, misalnya air tanahnya yang payau atau asin. Sumber air yang secara kuantitas tidak terbatas adalah air laut, walaupun kualitasnya sangat buruk karena banyak air laut menjadi air tawar tersebut dikenal mengandung kadar garam atau TDS (Total Dissolved Solid) sangat tinggi.


Pengolahan Air Bersih - Untuk mengatasi masalah tersebut dan untuk meningkatkan kebutuhan dasar masyarakat khususnya mengenai kebutuhan akan air bersih,  salah satu caranya adalah dengan penerapan teknologi pengolahan air yang sesuai dengan kondisi sosial, budaya, ekonomi dan SDM (sumberdaya manusia), selain kondisi sumber air bakunya sendiri. Pengolahan air bersih adalah suatu usaha teknis yang dilakukan untuk memberikan perlindungan pada sumber air dengan perbaikan mutu asal air sampai menjadi mutu yang diinginkan dengan tujuan agar aman dipergunakan oleh masyarakat pengkonsumsi air bersih.

Salah satu cara pengolahan air atau untuk mendapatkan air bersih adalah dengan cara mengolah air asin menjadi air tawar. "Proses pengolahan air asin (payau) atau air laut menjadi air tawar ini disebut desalinasi". Yaitu mengurangi kadar garam yang terkandung pada air laut sampai pada level tertentu sehingga air asin tersebut layak untuk dipergunakan seperti halnya air tawar.

Untuk mengetahui info tentang pengolahan air asin atau air laut menjadi air tawar, tunggu artikel blog ini berikutnya. Kunjungi juga website enerba teknologi untuk pemesanan alat pengolahan air bersih dengan desalinasi, yaitu dengan metode Reverse Osmosis (RO) atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

sumber:
ejurnal
scribd
Share this article :

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog pengolahan air bersih, semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat.. Silahkan berkomentar dengan bijak..

 
Design Template by panjz-online | Modified by enerba teknologi | Support by creating website | Powered by Blogger