Translate

News Update :

Pengertian Air dan Sumber Daya Air

Pengertian dan Definisi Air

Air adalah suatu senyawa yang sangat penting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air juga merupakan salah satu sumber kekuatan dan energi yang ada di bumi. Hampir 71% permukaan bumi ditutupi oleh air. Sekitar tiga per empat bagian tubuh manusia juga terdiri dari air, dan takkan ada makhluk hidup yang mampu bertahan hidup tanpa air.

Volume air yang terdapat di dalam tubuh manusia adalah sekitar 65% dari berat badanya, dan volume tersebut bervariasi pada masing-masing orang, pada masing-masing organ tubuh volume air juga bervariasi. Organ tubuh manusia yang mengandung banyak air diantaranya adalah otak, ginjal, darah, otot, dan tulang. Dimana pada otak manusia terdapat sekitar 74,5%, pada ginjal 82,7%, darah 83%,dan tulang 22%.

Air adalah substansi kimia yang mempunyai rumus H2O atau disebut juga dihidrogen monoksida. Satu molekul air tersusun dari 2 atom Hidrogen yang terikat secara kovalen dengan 1 atom Oksigen.  Nama air biasanya mengacu pada keadaan cair dari senyawa. Fase padat yang dikenal sebagai es dan fase gas disebut uap. Dan air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.

Air merupakan suatu pelarut yang penting, dimana air memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, serta beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Air mempunyai sifat: tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa pada kondisi standar yaitu pada temperatur 273,15 K (0 °C) dan tekanan 100 kPa (1 bar).



Sumber Daya Air

Sumber daya air adalah air dan semua potensi yang terdapat pada air, sumber air, termasuk sarana dan prasarana pengairan yang dapat dimanfaatkan, namun tidak termasuk kekayaan hewani yang ada di dalamnya.

Sumber daya air juga merupakan sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, Industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Dan tentu saja yang sangat diperlukan oleh manusia adalah air tawar. Air di bumi 97%nya adalah air asin sedangkan air tawar hanya 3 %, itupun lebih dari 2/3 bagian air tawar di bumi berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub.

Air tawar yang tidak membeku dapat di temukan terutama di dalam tanah berupa air tanah, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan udara. Air Tawar adalah sumber daya terbarukan, meski suplai air bersih terus berkurang. Permintaan air telah melebihi suplai di beberapa bagian di dunia dan populasi dunia terus meningkat yang mengakibatkan permintaan terhadap air bersih. Perhatian terhadap kepentingan global dalam mempertahankan air untuk pelayanan ekosistem telah bermunculan, termasuk sejak dunia telah kehilangan lebih dari stengah lahan basah bersama dengan nilai pelayanan ekosistemnya. Ekosistem air tawar yang tinggi biodiversitasnya saat ini terus berkurang lebih cepat dibandingkan dengan ekosistem laut ataupun darat.

Sumber:
slideshare
poztmo
- artikel lingkungan hidup

Share this article :

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog pengolahan air bersih, semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat.. Silahkan berkomentar dengan bijak..

 
Design Template by panjz-online | Modified by enerba teknologi | Support by creating website | Powered by Blogger